Posted by: offunugroho | June 17, 2011

Seminggu impresi baik di Toyota

Bismillaahirrahmaanirraahiim.

Yak. Tidak terasa sudah seminggu sudah saya kerja praktek di Toyota ini, lengkapnya Toyota Motor Manufacturing Indonesia TMMIN. Secara resminya sih baru 5 hari di kantor, dengan 1 hari kemarin saya izin ke Bandung karena teman sealmamater saya meninggal, ya mungkin tidak usah disebutkan di sini siapanya.

Yak lagi. Sebelum saya ceritakan tentang kerja di TMMIN seperti apa, saya lebih senang bercerita dahulu tentang sejarah TMMIN, ya itung” nyicil laporan, tapi ini dalam bahasa bebasnya, haha. TMMIN ini adalah pecahannya Toyota Astra Motor yang didirikan pada tahun 1971 dengan komposisi kepemilikan 51 % Astra International, dan 49 % Toyota Motor Company (TMC) Ltd. Jepang. TAM ini tugasnya hanya marketing mobil” impor dari TMC. Pada tahun 1973 didirikan lah pabrik perakitan mobil dengan merek dagang toyota,yang bernama PT. Multi Astra, pabrik ini hanya merakit mobil” yang komponennya seluruhnya berasal dari Jepang. Jadi Mobil toyota di Indonesia saat itu tidak lagi dikirim dalam keadaan Built-Up (BU) tapi dalam keadaan Completely Knocked Down (CKD). Pada tahun 1974 PT. Multi Astra mulai beroperasi penuh. Pada tahun 1976, Toyota Mobilindo didirikan untuk mulai memproduksi beberapa komponen-komponen Mobil, terutama untuk mobil Toyota Kijang yang saat itu pula diluncurkan. Kemudian, pada tahun 1982 didirikanlah pabrik untuk memproduksi mesin mobil yang diberi nama Toyota Engine Indonesia.

Pada tahun 1989 semua perusahaan itu bergabung dibawah nama Toyota Astra Motor. pada akhir tahun 90-an, TMC merasa bahwa Indonesia akan menjadi salah satu pasar yang sangat potensial bagi mereka, sehingga berencana mendirikan pabrik yang memproduksi seluruh komponen secara mandiri, tetapi keinginan TMC ini kurang mendapat dukungan dari Astra Int. yang merasa kesulitan menanamkan modal besar pada saat krisis ekonomi melanda kawasan Asia Tenggara, sehingga, TMC pun bertindak cepat dengan memulai pembangunan pabrik baru di karawang dengan sedikit sokongan dari Astra Int. Pada tahun 1998, diresmikan Pabrik dengan fasilitas sangat modern di Karawang. Pabrik ini lah yang menjadi cikal bakal TMMIN.

Pada tahun 2003, berdiri lah Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sebagai pecahan dari TAM dengan komposisi kepemilikan 95 % TMC dan 5 % Astra International. TMMIN berkonsentrasi pada produksi mobil, sedangkan TAM berkonsentrasi pada jaringan pemasaran dan pelayanan pelanggan. TMMIN memiliki plant di kawasan Sunter I dan Sunter II serta di Karawang.

Yak lagi, sekian masalah sejarahnya. Sekarang mari kita lanjut ke topik utamanya, cerita saya seminggu kerja praktek di sini.  Banyak hal yang saya kagumi dari Pabrik ini, banyak sekali. Walaupun saya hanya sekilas melintasi shop floornya, dan selalu berada di balik meja kerja karena saya berada di divisi Safety, Health, and Environment (SHE). Namun saya bisa merasakan bahwa kedisiplinan, keteraturan sudah menjelma menjadi budaya di sini. Mulai dari seragam pegawainya yang seluruhnya seragam, jadi saya akan tampak sangat aneh di sini karena pakaian saya berbeda, ya, peserta PKL tidak dipinjamkan seragam.

Kemudian sebelum hari pertama saya memulai KP, saya diberi dulu pengarahan ttg peraturan perusahaan, juga peraturan bagi mahasiswa Magang dan PKL. Ada bagian tersendiri yang menyambut mahasiswa PKL, dan sudah ada aturan jelas mengenai itu. Mulai masuk hari pertama kerja, saya diberi dahulu pengarahan, istilahnya induksi dengan seluruh seluk beluk perusahaan. Harusnya sih bakal jadi pengalaman yang menarik, tetapi oh tetapi Bapak pemberi materi ini terlihat sedikit malas menjelaskan karena memang beliau adalah orang pengganti untuk bulan ini.. Namun secara overall menarik lah.

Oh iya di sini kita akan akrab dengan Berbagai bunyi bell yang artinya ada waktu coffee break, walaupun tdk ada snacknya, waktu istirahat, waktu masuk lagi, waktu istirahat sore, dan waktu pulang.

OH IYA, setiap jam 7.10 di sini selalu diputar lagu senam klasik dari jepang kayanya, dan semua pekerja, termasuk bos-bos, ikut senam dari tempatnya masing-masing. Awalnya nampak aneh tp lama kelamaan akan terbiasa.Setelah senam, akan diadakan briefing pagi, jadi teknisnya ada satu org pemimpin briefing yg tiap hari bergantian, kemudian akan ia menyebutkan safety commitment, safety commitment ini semacam kalimat janji yg berhubungan dengan safety, kenapa safety, bukan karena saya ada di divisi safety health environment, tetapi karena TMMIN sedang melaksanakan campaign terhadap safety beberapa tahun ini. Contohnya safety commitment ini, “ saya akan selalu berjalan di jalur hijau (jalur pejalan kaki)”, atau “ saya akan selalu memegang pegangan tangga setiap menaiki tangga”, atau “saya tidak akan menggunakan HP ketika sedang berjalan”. Kemudian pemimpin briefing mempersilakan org” untuk menyampaikan hal-hal yg perlu disampaikan, ya semacam sharing pekerjaan, minta bantuan kepada org lain, pesan bos departemen kepada anak buahnya, dan juga schedule hari ini. Habis itu kita akan memberi salam khas toyota, tangan kanan terkepal di belakang kepala, tangan kiri dilebarkan ke depan, lalu pemimpin briefing berkata  dgn kata “safety first dimulai dari diri sendiri!!”, Kemudian tangan kanan terkepal dengan jari telunjuk terbuka menunjuk, dipukulkan ke udara, lalu semuanya berkata “ YOSH”.

Kalau boleh cerita lagi, saya selalu senang dengan metode briefing pagi ini. Setiap ujian OMPI atau pun apa pun yang soalnya menanyakan ttg rekomendasi perbaikan untuk perusahaan terutama di bagian komunikasi antar pegawai, saya selalu menulikan rekomendasi dilakuakn briefing pagi agar sejak pagi sebelum memulai kerja sudah dilakukan perencanaan informal ttg saling membantu jobdesc, gampangnya penjelasan jobdesc tiap org hari itu, ya walaupun tiap posisi sudah ada jobdescnya sangat penting terkadang untuk meleburkan antar jobdesc bila diperlukan atau bila kekurangan SDM untuk pekerjaan tertentu. DAN saya menemukan hal ini di TMMIN, jadi TMMIN memang luar biasa memang. Saya selalu ditekankan setiap ngobrol dgn pembimbing saya untuk selalu berusaha bersosialiasi, intinya ya komunikasi. Lagi-lagi saya kagum dengan TMMIN dalam hal ini.

Di permasalahan HRD mereka juga sudah cukup maju ternyata.  Walaupun dalam beberapa hal penggunaan seragam terkadang membuat beberapa pekerja tidak nyaman, juga permasalahan fasilitas internal perusahaan yang cukup minim. Hal ini yang cukup mengurangi pandangan saya terhadap TMMIN, ya di sini fasilitasnya minim, kantinnya sederhana, walaupun makannya cukup enak. Oh iya saya lupa bilang bahwa di TMMIN ini seluruh karyawan diberi fasilitas makan siang, tetapi untuk mahasiswa PKL TIDAK DIBERI GAJI, dengan durasi PKL 2 bulan full. Benar-benar g mau rugi dan efisien lah Toyota ini.

Namun kembali lagi kepada kebaikan pabrik ini, semuanya teratur, kalau lihat di Office nya pun prinsip 5 S benar-benar diaplikasikan dengan baik, adanya banyak selotip” yang menunjukkan peletakan meja di mana, lalu ada semacam selotip tanda untuk bagian lantai yang dilewati kabel LAN, adanya petunjuk penggunaan meja kerja, dalam hal ini akan ada selotip” pembatas antara mana bagian menaruh kerja-kertas loose leaf, mana bagian menaruh map, mana bagian menaruh layar komputer dan keyboard dsb. Selain 5 S, prinsip K3 bagi seluruh pekerja telah sangat dilakukan dengan baik dan diimplementasikan oleh dan kepada seluruh pekerja, mulai dari di jalannya terdapat jalur hijau pejalan kaki, ada juga banyak rambu-rambu keselamatan. Yang unik setiap menyebrang persimpangan jalan sekecil apa pun persimpangannya akan ada cat telapak kaki di jalur hijau, artinya kita harus menoleh ke kanan dan ke kiri dengan jari telunjuk menunjuk ke arah kita menoleh. Gampangnya seperti aturan menyebrang yang baik, tetapi ditambah dengan jari telunjuk yang menunjuk ke arah pandangan mata kita pada saat sebelum menyebrang. Ketika ditanya sebabnya kenapa jari telunjuk itu harus digunakan, jawabannya adalah untuk membuat kita semakin yakin saat menyebrang jalan. Aneh memang. Tapi demi keselamatan pekerja, hal ini tentu harus dilakukan oleh seluruh pegawai.

Di sini Divisi SHE cukup menjadi divisi penunjang yang sangat berkembang dan diperhatikan oleh perusahaan. Toyota sudah meyadari pentingnya keselamatan bagi pekerja akan juga menguntungkan perusahaan, dan isu kesehatan pekerja pun ujung”nya akan menguntungkan perusahaan, juga akan menambah bargaining position perusahaan di mata karyawan. Terakhir isu lingkungan yang sedang digalakkan oleh toyota dengan toyota eco campaign, juga mulai merebak di pabrik ini. Setiap jam istirahat, semua mesin dimatikan, termasuk seluruh lampu. Untuk lampu, setengah jam sebelum masuk, akan dinyalakan kembali. Selain itu kampanye minimalisasi penggunaan kertas, terutama kertas fotokopi juga dilakukan. Dan ini bukti komitmen toyota dalam isu lingkungan, utamanya global warming.

 

Yak terakhir. Sekian dulu tulisan saya ttg seminggu awal impresi baik di toyota. Tentunya akan ada impresi-impresi lainnya yang akan saya ceritakan.

Namun tulisan ini nampaknya sudah kepanjangan dan akan semakin membosankan. Haha.

Salam semangat dari pabrik penemu Lean Manufacturing.

Salam santai dari balik meja kerja, pekerja PKL yang Gabut ini.

Advertisements

Responses

  1. Assalamualaikum Offu,
    salam ganesha..
    turut berduka bwt tmn almamater nya

    celetukan yang mantap dan lugas.hhe..
    diambil yg positif nya saja (senam klasik jepang tiap pagi).^yosh semangat ga tuh

    btw Bro Offu bisa tlg di share email address hrd toyota nya’
    untuk keperluan job applying..
    sbenarnya sgt mendadak ada keperluan keluarga hrus pindah kerja deh, tertarik ke toyota.minggu lalu sudah ada user intervw di nissan. tp blum ad kbar lgy.

    Offu bisa bantu kalau memang ada hrd yang bisa sya hub. trimakasih sebelumnya.
    untuk Tuhan, Bangsa, dan Almamater..

    Tzaga111@gmail.com
    MT’04 ITB

  2. nice share gan.

  3. bro bisa di share ga stucturee organisasi di TMMIN

  4. wow…keren.
    do’ain saya yah.tgl 4 sya baru mau induksi hrd.

  5. mas, ini toyota yg di sunter atau di karawang ya?

  6. jadi dag dig dug saya mau magang


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: