tentangku…

Bismillah
Nama saya Roffianto Adi Nugroho.

Teman-teman biasa memanggil saya dengan nama, offu, atau roffi.

orang biasa menganggap namaku berasal dari bahasa arab, a’raf, dan ar-rafi’ yang pada intinya berhubungan dengan kata tinggi, a’raf artinya tempat yang tinggi, ar-rafi’ artinya yang Mahatinggi. Mungkin mereka pikir, dan pikirku pada mulanya, namaku itu berasal dari kata itu, tetapi penulisannya salah, atau ditulis dalam ejaan bahasa Indonesia.

Padahal tidak seperti itulah adanya, roffi adalah singkatan dari Robusta coffee, atau nama latinnya Robusta Fianensis. haha. Aneh memang, tetapi alasan yang dikemukakan ibuku, sang pemberi nama, cukup masuk akal. Saat itu ayahku sedang menjadi sinder(semacam mandor, tapi di perkebunan) sebuah perkebunan kopi. Kebetulan jenis kopinya adalah kopi robusta, jadilah ditimpakan pada namaku yang disingkat roffi , lengkapnya robusta fianensis. Cukup cerdas.hehe.

anto adalah nama panggilan ayahku.

adi nugroho, mungkin anugrah yang baik, atau anugrah yang tinggi. Saya kurang tahu persisnya, karena nama ini sangat umum di kalangan suku Jawa.heu.

Cukup sekian perkenalan namaku.

Sekarang panggilanku, nama offu adalah campuran akulturasi 2 budaya, namaku yang berasal dari nama indonesia, dan namaku dalam bahasa Jepang. Asal muasal muncul nama offu cukup menarik. Alkisah, saya mengikuti sebuah ekskul perkumpulan pecinta Jepang di SMAku, bernama Nihongo Kurabu 3(Kelab Jepang 3), disngkat NK3. Pada pertemua-pertemuan awal, diperkenalkanlah kami dengan hiragana,salah satu jenis dari 3 jenis huruf jepang lainnya, katakana, dan kanji. Hiragana adalah huruf jepang yang biasanya diajarkan terlebih dahulu, karena lebih muda dipelajari. Dalam huruf jepang hiragana ini, saya mencoba membuat namaku, karena tidak ada huruf yang berbunyi fi, maka menjadi fu. Jadilah saya menuliskan rofu. Nah, kemudian tentu anda bertanya-tanya(kegeeran amat ni si offu, haha), mengapa huruf r menghilang, dan disisipkan f di tengahnya.

Pada mulanya saya dipanggil rofu di kelas bahasa jepang tadi. Namun, suatu hari, teman NK3ku, si rizky, yang juga ketua murid kelas saya, x4, menuliskan nama saya di papan tulis, saat akan membagikan nama-nama teman sekelas ke dalam kelompok-kelompok, dengan isengnya ia mengganti huruf i, di akhir namaku dengan u, sejak saat itu lah di kelas juga saya dipanggil roffu. Sayangnya panggilan itu tidak bertahan lama, seiring dengan pengetahuan teman-teman sekelas akan kecadelanku, r di depan nama panggilanku pun hilang, menjadi offu.

Ada untungnya juga ternyata, saya menjadi lebih mudah untuk menyebutkan di depan umum. hehe.

Cukup menarik bukan…haha.

Lanjut kepada bagian kehidupan saya

Sekarang alhamdulillah, masih bisa kuliah.
Kuliah di itb, institut teknologi bandung, fakultas teknologi industri, dan sekarang di teknik industri…

sekarang insya Allah masih dapat terlihat beredar di lingkungan mesjid Salman, karena masih aktif di Tim Kesekjenan Gamais, dan juga kadang terlihat di himpunan MTI, atau di sekre KM dan ruang baca CC, karena aktif juga di Kabinet KM ITB, bersama kementrian PSDM.

oh ya, terakhir d, saya itu senang sekali untuk berkenalan dengan teman baru, lingkungan baru, dan suasana baru…saya senang sekali belajar dari orang lain, karena dengan begitu saya akan kaya pengalaman dari cerita-cerita yang mereka bagi pada saya.

sip lah. segitu aj dulu. udah ah. beneran.

selanjutnya baca aja di blog saya nan sederhana ini, semoga bisa mendapat hikmah, inspirasi, atau sekedar, tawa garing, atau miris…

Advertisements

Responses

  1. oh gt yah fu awal nama kamu dipanggil ofu… hahaha.. sy jd inget, dulu di hape sy nama kamu sy tulis Roffi.. kalo sekarang kayaknya sy lupa nama kamu Roffi.. hahaha

  2. Assalamu’alaikum
    Salam kenal fu… saya juga anak ITB. FTSL. GAMAIS JUGA. MATA’ JUGA. DIFA RALI 3 JUGA. DKMA AF JUGA(loh kok sama semua)^^

  3. Offu, awalnya pas kenalan saya kira namanya tofu lho…

    mungkin karena perawakan maneh anu jangkung, orang ngiranya dari bhs arab (meureun…)

  4. Ooh.. jadi roffi adalah robusta coffee!!Hhe..

  5. Mantap…
    Thanks Fu…, ane jad banyak blajar sama ente…
    ente orang hebat!!!!!!!!!!

  6. assalamu’alaykum fu. saya link ya
    http://duin.wordpress.com

  7. Fu, tak link, ya ,
    syukron 🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: